Jumat, 18 Februari 2011

MARI BERSAHABAT DENGAN ULAR

Bersahabat dengan ular? Tentunya banyak orang yang berpikir ini bukanlah suatu ide yang baik, bahkan mungkin, banyak orang yang akan menolak ide ini mentah-mentah. Mengapa demikian? Ini terjadi karena persepsi kita yang menganggap bahwa ular itu menakutkan, dan harus dihindari.
            Hal ini tentunya tidak akan terjadi jika kita mengenal ular dengan baik, tapi masalahnya, masyarakat pada umumnya tidak pernah mendapatkan edukasi yang cukup mengenai satwa liar  ini.
            Berbicara mengenai edukasi pengenalan ular, maka kita secara tidak langsung berbicara tentang suatu tempat yang memfasilitasi kita agar dapat mengenal ular dengan baik. Tak perlu mencari terlalu jauh untuk menemukan tempat seperti ini, cukup kunjungi penangkaran ular PT.HETTS Bio Lestari di Jln. Namo pencawir no 174, Desa Tuntungan dua, kecamatan Pancur Batu, Deli Serdang. Di penangkaran ular ini terdapat ± 700-800 ular dari spesies yang berbeda-beda, dari yang berbisa, hingga yang tidak berbisa, dari ular biasa hingga yang langka, dan bahkan di tempat ini juga terdapat ular hasil penyilangan. Kawasan penangkaran ular seluas 7.000  ini, didirikan sekitar tahun 2005, dengan tujuan awal untuk memanfaatkan kotoran ular sebagai racun tikus yang ramah lingkungan.
             Saat memasuki lokasi penangkaran ular ini, kesan mengerikan tentang ular akan segera sirna. Pegawai yang bekerja dipenangkaran ular ini akan segera menyambut tamu yang datang dengan sangat ramah, serta dengan sukarela menjelaskan tentang ular-ular yang ada di tempat ini. Lokasi penangkaran ular ini ditata dengan baik, rapi dan bersih. Sehingga membuat tamu yang datang nyaman berlama-lama berkunjung ke sini. Di tempat ini kita juga diperbolehkan menyentuh, bahkan berfoto dengan ular jenis tertentu.
Selain sebagai tempat penelitian ular, pemanfaatan kotoran ular sebagai bahan baku pembuat racun tikus alami, sarana edukasi ular, penangkaran ini  juga melakukan kegiatan ekspor ular ke luar negeri, seperti ke Jerman, Prancis, Norwegia, swedia.
Penangkaran ular ini ke depannya akan dikembangkan menjadi galeri ular yang mengoleksi ular hidup, bukan yang mati saja seperi galeri ular biasanya. Dan diharapkan akan berkembang pula menjadi wisata agro.
Tempat ini adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh semua orang, terutama anak muda yang biasanya menghabiskan waktu di mall. Daripada ke mall, bukankah lebih baik datang ke penangkaran ular ini, dan mulai belajar bersahabat dengan ular? Sebab walau keberadaannya sering kali membuat kita tidak nyaman bahkan cenderung membuat kita ketakutan, ular ini memberi banyak manfaat bagi kehidupan kita. Jadi, yang harus kita lakukan adalah lebih bersahabat dengan mereka tanpa saling mengancam dan menyakiti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar